animasi blog

15 April 2013

Kisah Klasik di Sekolah

Apasih yang lo pikirin atau yang lo rasain dimasa kelas satu SMA? pasti banyak dong kan? dimana masa-masa ini lo bakal cari yang namanya jati diri lo. Dengan seragam putih abu-abu kebanggaan lo, lo bakal tunjukin keorang-orang siapa diri lo! dan terlebih yang gak gue pungkiri mata pelajaran yang super duper banyak yang bakal lo telan perlahan-lahan! *yang ini lebay

Gak bisa dipungkiri, dimasa ini lo bakal dan pasti ngerasain yang namanya persahabatan, lo naksir sahabat lo sendiri, berantem, sampe masalah cinta sekalipun. Dari nyontek berjama'ah, cabut, ngeribut, remedial, surprise party, hukuman, dan kekonyolan lainnya yang kalo gue post mungkin bakalan panjang sepanjang mie ayam.

Gak ketingalan, masa MOS yang rada-rada seru dan rada-rada ngebosenin. dimana lo harus tunduk dan patuh sama tuh kakak-kakak pembimbing. Dan dimana lo gak boleh bawa kendaraan ke sekolahan gara-gara MOS, dan dimana lo pada make tas kantong kresek dan tak lupa pula topi dari pot bunga.
Tapi, gue disini gak bakal cerita banyak tentang masa orientasi di sekolah gue, karna lo tau apa? MOS di sekolahan gue rada-rada ngebosenin. cuma satu kesan gue dari MOS yang berlangsung tiga hari itu! yaitu "jangan injak rumput!". *sekian...

Awalnya, gue gak ngerti kenapa gue ditaruh di kelas yang kabarnya keramat dari tahun ketahun ini. yak, gue ditempatkan di kelas X9. tapi, ya udahlah! gue sebagai manusia cuma bisa bersyukur dan juga lagi malas mikir tentang sejarah kelas itu, kita skip aja!
semuanya berawal dari sini>>>
Yak, itu tadi gerbang sekolahan gue. Sekolah yang udah banyak banget ngukir masa-masa indah gue di satu SMA. seperti yang udah gue jelasin tadi, dikelas satu ini gue duduk di X9. kelas yang dari tahun ketahun mempunyai daya tarik tersendiri *eaaaakkkk
gak boong, segala macam bentuk dan karakter orang ada dikelas gue, mulai dari yang pinter, kurang pinter, yang rajin, yang pemalas, yang seriusan, yang becandaan, yang pelit dan yang gak pelit! (yang ini dalam hal contek mencontekan).

oh iya, gue belum cerita satu hal ke elo! kalo gue masuk taon 2012, dan yang gak gue tau ampe sekarang gue itu letingan yang keberapa ya? kita tanya saja pada rumput yang bergoyang *mendadak karaoke*

Dikelas X9 gue banyak dapat temen baru, awal masuk gue sebangku sama temen gue firly. ya! dia salah seorang temen gue yang bermuka bulat dan berkacamata.
Tepatnya gue kenal sama dia waktu MOS. gue satu gugus sama dia dan akhirnya gue juga sekelas sama dia.

Gak bisa dipungkiri, kelas gue ini letaknya strategis. kelas yang berjarak beberapa meter dari gerbang, dekat dengan persimpangan dan pintu kelas gue menghadap kemeja piket! NICE! lo ngerti sendiri aja, kalo kelas yang dekat gerbang itu udah jelas berada di tepi jalan raya. dari gerbang lo cukup lurus, belok ke kiri dan kelas yang ditengah, itu kelas gue.
Di jam-jam tertentu lo bakal dengerin musik-musik aneh dari luar sana. yang berasala dari angkutan umum yang berhenti didekat persimpangan. mulai dari pop, rock, religi ampe dangdut. kelas gue udah berasa toko jual kaset pada jam itu.

Dan gak terlepas. Kelas gue juga mempunyai keunggulan tersendiri. kalo lo bosan, suntuk, galau, lo bisa cabut! tinggal lempar tas lo ketaman depan, pura-pura izin ke guru dan lo bisa cau dari tuh sekolah! tapi dengan catatan satpam sekolahan lagi gak patroli! okehsip!
..........

Diawal-awal semester gue semangat banget buat belajar dan berambisi besar jadi juara. tiap malam gue selalu belajar dan belajar. gak luput gue sering maju kedepan buat ngejawab pertanyaan dari guru gue. gue semangat banget, lo tau kenapa? karna pada saat itu selalu ada orang yang selalu ngasih support ke gue, yang selalu nasehatin dan perhatiin gue! ya, dia pacar gue. gue pernah janji sama dia, kalo suatu saat nanti gue bakal bikin dia bangga sama gue. 

Diawal semester gue sahabatan sama empat orang teman segugus gue, yaitu Firly, Iput, Rifda and Nabila. ya meskipun yang sekelas sama gue cuma firly doang tapi kita berlima tetep kumpul dan kemana-mana selalu bareng. Dan tiba saat pemilihan  ekskul, kita juga beda-beda. gue dan firly masuk ekskul pramuka, rifda keterampilan lingkungan alam, iput drumband dan terakhir nabila ambil nasyid.
Meskipun gitu, kami tetap akrab. entah apa, gue anggap mereka itu sahabat gue. dan gue berharap banget kalau kita bisa sahabatan sampe kapanpun.
..........

SEPTEMBER...

bulan ini gue dan sahabat gue ikutan lomba gerakjalan tepat waktu tingkat sumatra barat. tiap sore gue dan yang lain berlatih disekolah. dari cara baris berbaris, jalan muterin komplek sekolahan, dan banyak hal lainnya. dari latihan-latihan itu, gue dan yang lainnya mulai deket sama anak-anak lainnya. disaat itu gue ngerasa masa satu SMA itu indah banget. gue punya banyak temen cewe maupun cowo yang kompak banget. sampai pada hari lomba tiba, kita berhasil menangin tuh lomba dengan meraih gelar juara dua Se-sumatra barat. gue kaget plus seneng banget pas sang juri mengumumkan kalo kami juara. dengan spontan gue naik ke atas panggung buat ambil tuh piala dan uang tunainya. gue salam sama bapak gubernur, dan foto bareng sama mereka. abis gue turun dari stage, gue langsung loncat gembira didekat teman-teman gue yang lainnya. mereka langsung nyambut piala yang gue bawa. abis itu kita pelukan rame-rame dan foto bareng.
 Hari itu menjadi salah satu catatan bagi gue, dimana kalo kita ngejalanin sesuatu dengan ikhlas dan bersama. hasil yang kita dapat bakalan indah.
gak terlepas dari itu aja, gue semakin dekat sama mereka. ya gue lupa kenalin mereka yaitu, dofi,afif,adi,upi,arif,berty,risda,azizah,rifda,nabila,firly,utari,silvi,ratih,tika,dila dan masih banyak lagi yang lainnya.
kita jadi sering kemana-mana bareng, ya emangsih gak semuanya yang selalu barengan sama kita, tapi hampir sebagian besar lah. sampe akhirnya kita mulai ngeband bareng.

Gue gak nyangka juga, kita bisa kepikiran buat ngeband. tiap minggu atau abis pulang sekolah kita selalu mampir ke studio buat ngeband. gue sadar saat itu, ternyata di masa satu SMA itu masa dimana kita banyak mementingkan ketenaran dan popularitas.
..........

OKTOBER...

entah kenapa rasanya dibulan ini agak jauh berbeda. persahabatan kita udah mulai renggang, kita gak seakrab dulu lagi, baik antara gue,iput,filry,rifda and nabila. maupun sama anak gerak jalan yang lainnya. semuanya udah jalan masing-masing. sampe suatu hari gue bertengkar sama sahabat gue dan kami bubar, kecuali gue sama firly. 
gue masih deket sama dia, dan dibulan ini awal dari gue dekat sama anak kelas dan sahabatan sama mereka. mereka yaitu Ilham,ganti, yadi, dan mega. kita akrab banget, gak luput dari surpirise party yang gue dan firly rancang buat ulangtahun yadi. buat temen sekelas lainnya gue juga lumayan deket sama mereka. 
Pernah, suatu hari tepatnya hari kamis. ya, emang! akhir-akhir ini sering turun hujan. gue sama yang lainnya main hujan kayak anak kecil. Tapi entahlah saat itu gue gak peduli sama keadaan gue yang basah kuyub. yang jelas gue happy bareng teman-teman gue.

Kita jadi sering curhat-curhatan, main gitar sambil nyanyi bareng, kekantin bareng dan banyak hal lainnya yang kita lalui bareng-bareng.

Dibulan ini juga gue ikut seleksi buat lomba perkemahan pramuka madrasah. lo bayangin aja, yang ikutan seleksi itu banyak banget, dan gak hanya berasal dari sekolah gue aja, tapi dari sekolah lain juga. dalam perlombaan ini yang dicari bukan utusan sekolah, melainkan utusan dari kontingen kota padang.

dari beberapa kali tahap penyeleksian, akhirnya gue lulus. dan gue dipastikan buat ngikutin tuh lomba bareng yang lainnya. dari berbagai tingkat yang seleksi, buat yang kelas satu SMA yang lulus cuma dua orang, yaitu gue sama salah satu temen gue yang namanya minah dari sekolah lain.
karna ini adalah perlombaan se sumatra barat. dan kami perwakilan dari kota padang, gue gak mau bikin kecewa. tiap hari kami latihan, pulang sekolah latihan, pulang ujian juga latihan. Everyday, and everytime! *lebay.
..........

Hari-hari gue mulai disibukkan dengan ujian, persiapan lomba dan berbagai rutinitas lainnya. hubungan gue sama pacar gue semakin renggang. gue udah jarang komunikasi sama dia, dia juga udah jarang ngehubungin gue, baik melalui sms atau telfon. sekali telfonan eh, kita malah berantem. masalah sinyal lah, beda pendapat lah. yang jelas gue coba buat sabar aja dulu.

sampai akhirnya gue naksir sama sahabat gue sendiri, yaitu Ilham. gue belum putus sih sama pacar gue, tapi entah kenapa gue bisa suka sama ilham. tiap hari gue cerita tentang dia ke Firly, gue bilang kalau gue kagum sama dia. temen-temen gue juga udah banyak yang tau. sesekali mereka juga ciee cieein gue sama ilham.

hari demi hari berlalu, sekarang gue malah disibukkan dengan persiapan lomba perkemahan pramuka itu. gue juga udah jarang masuk kelas karna gue diizinin buat gak ngikutin pelajaran demi persiapan lomba. ya, kadang gue juga ada masuk pas jam pelajaran tapi ya gak lama. 
gue mulai denger gosip tentang firly sama ilham. tapi gue gak mau gampang percaya sama tuh gosip. dan gue gak mau nuduh sahabat gue yang bukan-bukan. gue mau fokus sama perlombaan ini dulu, dan gak mau sampai konsentrasi gue buyar karna gosip yang gak jelas kayak gini. ya udah, EGP kata orang! gue gak peduli, gue percaya kok sama sahabat gue!
..........

10 November 2012 

yak, hari ini. iya, hari ini. gue dan tim pramuka perwakilan kontingen kota padang udah stay disekolahan. malam ini kita semua bakal nginap disekolah karna besok pagi-pagi banget kita harus berangkat ke bumi perkemahan istana baso pagaruyung, Batusangkar.

gue hampir lupa ngenalin tim gue ke kalian. buat yang putri ada kak ewith,kak anne, kak dita, kak rahmi, kak farah, kak murni, kak minah, kak dila, kak ulfa. buat yang putra ada kak habib, kak atif, kak fairuz, kak aidil, kak noval, kak syukra, kak syukri, kak romi,kak dul. gak lupa juga ada pelatih kita selama ini yaitu kak Donny, kak afif, dan kakak-kakak yang lainnya. 

Malam itu kita latihan semaksimal mungkin, buat masalah packing barang kita udah siap-siap beberapa hari yang lalu. Awalnya nyokap gue gak ngeizinin gue buat pergi, tapi gue berhasil ngeyakinin bokap sama nyokap gue kalau gue bisa jaga diri gue dengan baik. maklum aja orangtua khawatir secara gue anak satu-satunya perempuan, bungsu lagi. hahahha :D
..........

11-14 November 2012 

Alarm hanphone gue berbunyi memecahkan keheningan. ternyata jam sudah menunjukkan pukul 03.00 dini hari. dari luar kelas yang menghadap ke hall, terdengar suara barang yang di pindahkan. ternyata benar, para panitia dan anak putra sedang memindahkan barang-barang yang akan dibawa ke dalam truk. 
dari mulai tenda, tali temali, bambu, tongkat, tikar, dan barang-barang untuk kegiatan perkemahan lainnya.

tiba-tiba salah seorang dari kakakpembina kita dateng dan bangunin kita semua. ya, kita semua tidur di kelas! dingin sih, tapi harus kuat! wkwkwk :P
gue dan yang lainnya mulai siap-siap, ya meskipun masih dengan keadaan ngantuk tapi kita emang harus siap-siap karna pagi ini kita bakal berangkat.

oh iya, gue sampai lupa. perlombaan ini diikuti dari tingkat MIN, MTSN, dan MAN. gue juga lupa ngenalin adek-adek itu ke elo pada. tapi tenang! gue cuma nyebutin dua nama dalam hal ini. mereka yaitu fajar dan yogi. ya, mereka deket banget sama gue. gue udah anggap mereka kayak adek gue sendiri, dari pertama latihan kita udah deket. terlebih yogi, banyak yang bilang gue mirip sama dia. jadilah gue sama yogi disangka kakak adek kandung. :)
yogi masih SD, dia kelas lima. sedangkan fajar dia udah kelas tiga SMP.

ini dia yang namanya Yogi, sumpah demi apapun! sampai detik ini gue ngetik nih story gue kangen sama dia :'(
yang ini fajar, adek gue yang perhatian banget. gue juga kangen sama dia :'(
..........

Begitu banyak kebersamaan dan rintangan yang kita lalui bersama. (tim pramuka kontingen kota padang).
kita berjuang demi mengharumkan nama kota padang. tiga hari lamanya kita bertarung menghadapi lomba-lomba tersebut. kita berusaha ngasih yangt terbaik demi kota padang. satu persatu lomba kita lalui dengan serius di warnai bercandaan sebagai pencair suasana.

gak bisa gue pungkiri, banyak saingan yang berat. salah satunya tim dari kab.agam dan kota padangpanjang. 
tapi, kita tetap semangat sampai pada saat pengumuman juara kita berhasil ngeraih juara umum seSUMBAR. gue nangis terharu sambil meluk anggota tim gue, gue gak nyangka dan seneng kita bisa jadi the winner! thankfull god! ternyata perjuangan kita semua membuahkan hasil yang indah. :)
 ini kak farah, kak ewith dan kak murni. ini moment waktu kita ngediriin tenda kemah. dan lo tau apa??? panas nya itu loh sesuatu banget!!

ini kak anne, lagi ngikat bendera di gapura kami. lo bisa liat kebelakang banyak tenda yang udah tegak dengan indahnya dan lo juga bisa liat orang-orang sibuk mendirikan tenda mereka.

yang ini gue sama kak dita, hahahaa :D kita masih sempat foto-foto dalam keadaan seperti ini. :D

gimana?? cakep kan?? ya jelas lah. hehhehee. ini kita baru selesai lomba PBB bertongkat. gue tau lo pada pasti penasaran kan sama penampilan kita? capek gak terasa karna kebersamaan yang kita miliki {} :*

Dan ini hasil dari jerih payah kami selama ini berlatih tiap hari. :D terbayar sudah rasa penat ini dengan hasil yang sangat memuaskan. gue bangga bisa jadi salah satu bagian dari mereka. gak lupa pula gue ucapin makasih sebesar-besarnya buat ayahanda yang udah ngelatih kita selama ini. love you all! :*{}
I'll never forget what we do together.... with love, :* :') {}

momen bahagia itu juga gue kabarin ke bokap, nyokap, pacar, dan temen-temen gue melalui sms. gilak!!! gue seneng banget. kita nyanyi bareng-bareng sambil nenteng tuh piala di lapangan nyusun kayak ular gitu barisannya. yang paling depan itu pelatih kita, kak donny.
seneng, ya jelas! bahagia, semuanya indah banget hari itu.
sorenya, kita semua balik ke padang dengan membawa kebanggan dan sejuta kenangan tentang semua ini.
..........
1 minggu kemudian...
gue kembali ke seharian gue, bareng para sahabat gue. jalanin lagi yang namanya kekantin bareng, remedial bareng dan banyak hal lainnya. gak lupa, gue juga bawain oleh-oleh buat sahabat-sahabat gue, yadi, ilham, ganti dan firly. ya emang sih gak seberapa, tapi jadilah. hahahahay :D

kadang gue sampai ketawa sendiri, gue sama firly deket banget. apa-apa bareng, barang-barang kita juga banyak yang mirip dan belinya barengan. emang disengaja gitu sih. gue udah anggap dia kayak saudara gue sendiri. apa-apa kita selalu terbuka. suka curhat bareng, dan banyak hal yang kita jalanin bareng-bareng.

hari-hari gue berlalu, kabar kedekatan ilham dan firly hadir lagi ditelinga gue. gak mau nuduh, akhirnya gue pinjem hpnya dia. gue baca pesan firly sama ilham dan ternyata bener, mereka pacaran.
gara-gara cinta persahabatan gue hancur!!!

gue gak nyangka, sahabat yang gue anggap saudara, tega buat ngianatin gue. wajar gue marah! dan gue gak mau sahabatan sama dia lagi! gue gak pengen punya sahabat pengkhianat kayak mereka! meskipun mereka udah coba ngejelasin sama gue, gue tetep belum terima. 

sampai akhirnya gue denger firly masuk rumah sakit gara-gara minum baygon. gue gak tau apa maksud dia kayak gini karna gue gak mau soktau. tapi yang jelas, gak munafik, gue punya rasa cemas tau dia di rawat. meskipun dia udah ngianatin persahabat kita, yang jelas dia masih temen gue. banyak sms yang masuk ke nomer gue. dari ilham sampe temen-temen kelas yang lainnya. mereka minta gue maafin firly, tapi karna gue masih kepancing emosi gue dan akhirnya gue cuekin. terserah mereka mau sms gue sampai beratus-ratus sekalipun.

besoknya, yeni sama putri dateng ke rumah gue. mereka ceritain keadaan firly sekarang. akhirnya gue telfon firly, dan gue maafin dia. iya, gue maafin tapi gak bakal gue lupain! 
gue sadar, gue juga salah udah marahin sahabat gue sendiri, tapi udahlah, gue udah nyoba buat biasa aja. dan gue juga ngerasa bersalah karna gue suka sama orang lain padahal gue sendiri udah punya pacar. (yang sekarang jadi mantan gue.)
gue juga masih sedikit pengen kalau persahabatan gue, firly, nabila,iput and rifda kayak dulu lagi. :') 

TO BE CONTINUED....





2 komentar: