animasi blog

31 Desember 2013

Seuntai Rindu di Serambi Mekah

     Ada beberapa hal yang gak mungkin kita lupain. Contohnya masa SMP, dimana kita disebut ABG alias anak baru gede'. Masa SMP gak lepas dari kelabilan, dan...... ehem Alay. Semua orang pasti pernah berada dimasa-masa seperti ini. Wajarlah, masa transisi.
Dan, cerita gue berawal dari sini.......


Yap! itu penampakan sekolah gue. Gue SMP di salah satu pondok pesantren di Padang Panjang, Sumatra Barat. Yaitu, Pesantren Terpadu Serambi Mekah.
Awalnya gue gak mau sekolah disana, tapi apalah daya gue cuma seorang anak yang harus nurut sama kemauan orangtua dan jadilah gue sekolah disana.
Hari pertama gue resmi nyantri disana itu adalah tanggal 12 Juli 2009. Huaaaaa :'( masih belum percaya gue harus pisah dari ortu. Rasanya sedih banget, mama dan papa nganterin gue ke sana. Mereka yang ngurusin segala keperluan gue, mulai dari buku, baju, isi lemari dan barang-barang yang dianggap penting lainnya.

Awal-awal gue belum banyak kenal sama anak-anak disana, maklumlah baru hari pertama. Sampai pada akhirnya gue kenalan sama teman pertama gue yaitu, Nadhara Al Hakim alias Nadha. Gue kenalan sama dia pas dia lagi nyapuin kamar, gilak rajin banget nih anak pikir gue dalam hati. Setelah mandi sore dengan air yang dinginnya to the max gue dan Nadha berangkat sholat magrib berjamaah di masjid Bahrul Ulum. Ini kali pertamanya gue sholat magrib bareng mereka, dan disana juga gue mulai kenalan sama teman-teman yang lainnya.
Abis Sholat, kita makan malam di cafe pesantren. Kalo gak salah lauknya waktu itu kentang cabe ijo :D hahaha :D yang biasanya makan enak dirumah, sekarang harus biasain diri makan sesuai menu yang ada.

Seperti sekolahan umumnya, disini kita juga punya masa orientasi. Tapi gue gak terlalu ngikutin banget tuh acara, gue lebih banyak di poliklinik karna sering magh. Biasalah, kan gue masih masa transisi jadi belum terbiasa sama makanan dan udara disana. Yang paling menyenangkan itu adalah mos hari terakhir, karna acaranya itu outbound di Minang Fantasi alias Mifan.

Kalo gue ceritain dari awal mungkin ini postingan bakal sampe beberapa part kali yaak. But, karna gue gak mau ribet dan pengen simple aja... jadi gue langsung aja ke intinya.

Selama tiga tahun gue mengenyam pendidikan SMP di Pesantren. Susah senang udah gue rasain. Mulai dari sahabatan, musuhan, sidang menyidang, bawa hp (padahal gak boleh), pacaran (paling dilarang), ketemuan didepan polik, punya adek kakak abang angkat, jogging bareng, cabut, jalan jongkok, bersihin asrama, juara kelas, peringkat anjlok, bakar sate, idul adha bareng, rebutan kepasar, kena hukum buang sampah asrama yang hampir tiap hari bareng yosi.
Pokoknya banyak deh hal-hal yang kalo gue sebutin bakal menuhin nih postingan. Yang jelas sampe sekarang gue gak bisa lupa sama kenangan-kenangan itu. Rasanya pengen balik lagi kemasa-masa itu, dimana gue masih bareng teman-teman SCZ. Tidur bareng, bangun bareng, ngantri mandi, makan, nyanyi, shalawatan di mesjid. Pokoknya semuanya deh!
Yang semua hal itu gak bisa gue rasain di masa SMA ini.

Ini kita lagi shalawatan

Ada juga beberapa makanan yang populer disana, dan jadi beberapa daftar makanan kesukaan gue. Yang pertama itu, nasi goreng wong solo. Gilaaaaaak men! tuh nasi goreng enak banget! beda sama nasi goreng yang lainnya. Dan semenjak gue gak sekolah di Padang Panjang lagi sampe sekarang gue belum nemuin ada orang yang jualan nasi goreng kayak gini di kota gue (baca:padang)
Gue sempat mikir, apa yang jual nasi goreng wong solo di sumbar itu cuma di Padang Panjang???
Abis itu ada bakso simpang Muhammadiyah, yang bakso nya itu gedek banget dan bikin lo ketagihan. Lanjut lagi ada es kampiun, mungkin gak bingung lagi ya sama makanan yang satu ini, karna gue yakin disetiap kota pasti ada yang jual. Gak lupa juga sama pergedel jagung :D
Kalo gue ke pasar Padang Panjang dan beli nasi bungkus, gue selalu beli di Rumah makan Gumarang. Hayooo??? pasti tau kan?? hehehehe. Kebangetan kalo gak tau!



Teman-teman selama di pesantren udah gue anggap kayak sodara sendiri. Gak bisa dipungkiri, kita selalu sama-sama dalam hal apapun. Gue makan ini, yang lain juga makan ini. Jadi gak ada yang namanya beda-bedain. :)

Sampe pada akhirnya kita selesai UN dan lulus 100%....
Senang dan sedih bercampur aduk. Senangnya karna kita bisa lulus, dan sedihnya karna kita harus pisah demi ngelanjutin pendidikan kita di tempat pilihan masing-masing. Tak terbendung rasanya air mata ini ketika bershalawatan meminta maaf atas segala kesalahan kami kepada adik, kakak, teman, dan guru disana. Lantunan lafazh-lafazh indah itu nyaris masih terngiang di hati.


 Belum lagi disaat acara perpisahan (tasyakuran). Hari dimana kami pulang membawa semua barang kepunyaan kami bersama orangtua. Hari itu terakhir kalinya gue ngerasain bangun pagi bareng mereka :')

Padang Panjang.... Kota Serambi Mekah!
Kota yang banyak memberi kenangan selama tiga tahun mengenyam pendidikan SMP. Gue sadar, setelah jauh dari sana... ada rasa rindu yang sangat besar untuk kembali lagi. Tapi, sulit untuk dijalani.

Dan... gue yakin! Meskipun sekarang kita semua udah pada mencar, suatu saat nanti pasti akan bertemu lagi :) Terimakasih adik, kakak, teman, guru-guru dan semua yang udah terlibat dalam kenangan indah itu. Tanpa kalian, mungkin perjalanan hanya datar. Tapi, kalian memberi banyak warna sehingga perjalan itu terasa dihati.





    "Kenangan bersamamu... Takkan ku lupa walau badai datang melanda... walau bercerai, jasad dan  nyawa" - Untukmu teman (Brother)

Memori 2009-2012
                                                                                                                                        #Angkatan 13 SMP


3 komentar: