animasi blog

25 Desember 2014

3 SMA


Assalamua’laikum wr.wb
            Holaaaa.... udah lama banget rasanya gue gak nge post tulisan di blog. Hm, kira-kira 7 bulanan lah. Maklum aja, sekarang gue udah kelas 3 dan makin sibuk ini itu. Gak kerasa banget sekarang gue udah kelas 3 SMA aja, udah jadi senior paling atas disekolahan padahal baru aja kemaren rasanya gue di MOS sama kakak-kakak senior. Dikelas tiga ini banyak banget yang gue rasain mulai dari gak siap, deg degan,  pengen cepat tamat, belum pengen pisah sama teman-teman dan masih banyak hal yang lainnya.  But, hidup pasti bakal berlanjut dan gue harus menghadapi semua itu. 

            Dikelas 3 ini, gue ditempatkan di kelas XII IPS 4 dengan wali kelas buk Herlinawati atau kami biasa menyebut mama Lina. Dari tahun ke tahun kelas XII IPS 4 selalu punya cerita yang berbeda, dan ditahun kami ini gue pengen XII IPS 4 jadi kelas yang terbaik dari sebelumnya. Gue duduk sebangku sama salah seorang teman gue yang pendiam tapi dibalik pendiamnya dia, dia juga pintar. Tapi kadang yang bikin gue gak ngerti duduk sama orang yang pendiam gue gak tau maunya dia apa. Oh iya di kelas XII IPS 4 ini gue juga selokal sama teman SMP gue dulu mereka yaitu Ratih, Utari dan Azizil. Jadi kalo ada waktu senggang kami kadang flashback tentang serambi. Ada sih rencana buat reuni ke Serambi tapi belum nemu waktu yang pas aja.
            Kalo ngomongin tentang tempat les, sekarang gue les di Ganesha Operation alias GO. Ini gue bukan promosi loh yaa, Cuma mau bagi sedikit informasi aja. Di GO itu tempat lesnya nyaman banget, pengajarnya juga baik dan ramah-ramah dan itu salah satu alasan gue nyaman belajar disana. Selain itu dengan konsep the KING nya gue jadi mudah dalam memahami setiap pelajaran. Kalo ngomongin metode belajar gue lebih suka mengingat dari pada menghafal, karna bagi gue menghafal itu cepat banget ilangnya dari memori. Jadi gue mencoba memahami dan mengingat. Di Go juga ada fasilitas TST atau tutorial service time. Selain belajar diwaktu yang ditentukan gue juga bisa tiap hari belajar disana, makanya sehabis pulang sekolah gue biasa ngabisin waktu disana buat belajar. Kadang sampai magrib dan sampai jam 8 malam. Itu semua gue lakuin buat masa depan gue.
            Ngomongin tentang pelajaran yang gue suka, gue suka banget sama pelajan ekonomi/akuntansi, geo, sosio, english, tik, dan sejarah. Bagi gue sehari aja gak ngulang pelajaran salah satu diantara enam mapel tersebut kayak ada yang kurang gitu. Gue selalu pengen jadi yang pertama, entah itu dalam ngumpulin latihan, ulangan, jawab pertanyaan guru, presentasi kedepan. Bagi gue, berdiri di depan orang banyak dan berani mengutarakan pendapat itu adalah sebuah kesenangan tersendiri. Dari kecil gue emang diajarkan untuk berani oleh orangtua dan abang-abang gue, makanya gue jadi suka maju kedepan. Gue juga punya prinsip “buat mencapai tujuan itu pasti ada rintangannya, dan gue harus bisa mencapai tujuan gue apapun rintangannya. Jadi whatever buat orang-orang yang mau ngejatuhin kita! Selagi benar gue tetap bakal maju.” Dan itu semua bukan berarti bikin gue gak mau dengarin nasehat dan kritikan orang lain. Gue juga sering nanya ke teman-teman dekat gue apasih yang mesti gue ubah dari sikap gue, dan untungnya gue punya teman dekat yang mau mengingatkan gue ketika gue salah. Gue juga gak pernah malu untuk minta maaf duluan, ya meskipun gue tau itu gak 100% kesalahan gue. But, gue kalo udah marah banget bakal ngediamin orang itu sampe dia sadar.
            Buat lo yang masih takut salah saat berdiri didepan kelas atau orang banyak saran gue, lo harus PeDe dan yakin kalo lo bisa! Jangan biarin pikiran pesimis lo matahin semangat lo itu! Optimis!!! Ingat di perkuliahan nanti lo harus berani tampil, apalagi nanti buat kerja. Makanya latih ketakutan lo dari sekarang. Hidup itu keras teman!!!
            Waktu wali kelas gue ulangtahun, kami satu kelas ngadain kejutan buat walas kami. Gue senang banget sekarang kita dikelas udah mulai akrab, apalagi walas gue senang waktu dikasih kejutan. 



Di kelas 3 ini banyak banget momen yang gue laluin, diantaranya ulangtahun gue yang dirayain sama teman-teman gue waktu kelas 2 dulu, senang banget rasanya :D


dan jalan-jalan di akhir pekan bareng teman-teman gue :)

Setelah beberapa bulan dikelas tiga akhirnya kita semua menghadapi yang namanya Ujian MID semester 1 dan TO UN. Gue makin giat untuk ikut TST di GO, dan juga gak lupa bahas-bahas soal ujian kakak-kakak tahun lalu yang gue fotocopy dari perpustakaan. Biasanya sih soalnya gak jauh beda jadi waktu gue ngerjain soal ujiannya gue jadi lebih gampang. Dan Alhamdulillah usaha gue gak sia-sia, di MID semester 1 ini gue mendapat peringkat 1 dan yang lebih senangnya lagi untuk TO UN gue juga dapat peringkat 1. Bersyukur banget rasanya, apalagi waktu itu yang ngambil rapor adalah orangtua. Ingat, “MAN JADDA WA JADA” siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya.
                Gue juga ikutan TO SBMPTN yang diadakan Unand, dan Alhamdulillah lagi gue peringkat 19 dari 400 orang lebih, dan lulus di jurusan manajemen dan administrasi negara Unand. Kalo masalah gue mau kuliah dimana, gue pengen banget kuliah di Unand. Dulu gue sempat bercita-cita buat kuliah di Unpad atau UGM, tapi semenjak orangtua gak ngebolehin dan nyuruh gue kuliah di Padang aja yaaa gue bisa apa dong? Gue ngerti kenapa gue gak dibolehin kuliah jauh dari orangtua. Yang pertama karna gue itu anak bungsu dan satu-satunya cewek, kedua abang gue juga udah gak tinggal bareng kita lagi dan pulangnya sekali berapa bulan. Ya gue sadar sama tanggung jawab gue buat ngejagain orangtua gue. Dan gue yakin kok, dilain kesempatan mungkin gue bisa kuliah di Unpad atau UGM. Ambil S2 contohnya atau S3, target gue umur 30 an gue udah S3. Silahkan lo semua ketawa sama target-target gue! Nanti ketika gue berhasil gue bakal tunjukin kalau gue benar. 
                 Disemester ini gue juga ikutan olimpiade sosiologi dan sejarah, gue dipilih sama guru bidang studi tersebut dan itu tandanya mereka percaya kalau gue bisa mewakili sekolah bareng teman-teman yang lainnya. Tapi sayangnya gue gak menang, mungkin belum rezeki... ya jadiin aja sebagai pengalaman. Kalah menangkan biasa, namanya juga dunia.
ini bareng ibuk arni suri, rona dan nata saat olimpiade sejarah di Unand

nah.. kalo yang ini, gue bareng guru sejarah kesayangan gue, nama beliau buk misnah atau anak kelas gue manggil oma

Kalo soal hari guru, sekolah mana sih yang gak ngerayain momen satu kali setahun ini. begitupun sekolah gue, kami dari angkatan kelas XII ngadain kejutan buat hari guru, dengan ngasi kue super besar ke guru-guru yang sudah mengajarkan dan mendidik kami disekolah. :) senang banget ketika liat guru-guru apalagi kepala sekolah kami bahagia atas kejutan itu. Dan ini tahun pertama bapak kepala sekolah baru kami ngerayain hari guru bareng kami.... Gak ketinggalan balon-balon yang bakal diterbangin.


 

bahagianya pak kepala sekolah

ini gue bareng sahabat gue, Nuril. orang yang selalu ada buat gue kapanpun gue butuh :)
Sekolah gue juga kedatangan tim Padang TV buat ngeliput Xskul apa aja yang ada disekolah gue, acaranya ada serunyaa ada garingnya juga sih. disini gue bakal ngepost foto-foto yang serunya aja, penutupan acara kita satu sekolahan termasuk guru-guru joget gitu dilapangan. Mulai dari goyang pinguin trus Goyang dengan lagu "sakitnya tuh disini", kebayang dong serunya gimana? gue aja sampai ngakak liat guru-guru ikutan goyang. dan sekarang, sakitnya tuh disini udah ada dimana-mana :D

Sebulan sesudah Mid, gue ujian semester 1. Jujur, semester ini adalah penentuan buat SNMPTN, gue berharap nilai gue naik dan gue bisa lulus jalur undangan untuk masuk PTN. Tapi entah kenapa dalam menghadapi ujian ini gue ngerasa santai banget, gue gak terlalu kalang kabut belajarnya atau SKS (sistem kebut semalam). Mungkin ini karna gue udah sering ngulang pelajaran di hari-hari biasa sebelum ujian, dan hal ini juga sangat membantu gue. Tugas-tugas gue dan hafalan gue juga udah selesai semuanya, jadi gue gak terbebani lagi sama tugas-tugas. Buat lo semua yang masih suka numpuk-numpukin hafalan dan tugas, mulai sekarang ubah deh kebiasaan lo itu! Gak baik kalau di pupuk sampai dewasa. Dari sekarang coba deh lo bikin catatan tentang tugas dan tempel di tempat yang sering banget lo liat, biar gak lupa. Itu semua bisa bikin lo lebih disiplin dengan waktu.
                 
Setelah ujian selesai, sekolah gue ngadain studytour sejarah ke suliki. do you know suliki? atau lo pernah dengar sebelumnya? kalau lo suka sejarah pasti tau dong tempat apa itu suliki? okey, suliki itu adalah tempat didirikannya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia atau disingkat PDRI saat terjadi agresi militer yang ke 2 oleh Belanda. Trus kenapa sih harus didirikan??? pasti itukan pertanyaan lo selanjutnya. jadi, waktu itu jogja yang sebagai ibukota negara sudah di kuasai oleh Belanda dan Soekarno bakal ditangkap. Tapi, soekarno masih punya strategi untuk menyelamatkan Indonesia yaitu dengan menyuruh Syafrudin Prawiranegara buat mendirikan PDRI di Bukittinggi. Syafrudin bersama teman-temannya lalu mendirikan PDRI, awalnya memang akan didirikan di Bukittinggi tapi keadaan tidak memungkinkan. Lalu Syafrudin lari bersama teman-temannya ke Halaban, tentara Belanda pun mengetahuinya dan segera mengejar Syafrudin. Tak tinggal diam, ia kembali lari ke suatu daerah yang terpencil di kota Payakumbuh itu, dan tepat tanggal 19 Desember 1948 didirikannya lah PDRI di suliki. Lalu ia mengumumkan kepada negara-negara di dunia bahwasannya Indonesia itu masih ada. Kebayang kan gimana susahnya para pahlawan kita? dan alat transportasi maupun komunikasi itu gak secanggih sekarang. Makanya, sebagai bangsa yang hebat kita gak boleh melupakan sejarah.
bareng pak Al :D

ini tugu PDRI, tapi sayang kurang terawat sama penduduk sekitar

ini bareng sahabat sekaligus udah kayak sodara gue sendiri, Putri atau Puror :)

gue selfinya bareng putri terus :D
Sampai akhirnya, 22 Desember 2014 yang bertepatan dengan hari ibu. Gue alhamdulillah kembali meraih juara 1 dikelas. Gue seneng banget bisa ngasih kado keberhasilan gue untuk hari ibu ke mama, mama juga senang banget. Dan gue bisa buktiin kalo gue bisa jadi juara 1, terbalas semua kecapekan gue selama ini. Kedepannya gue tinggal mikirin strategi biar lulun UN dan SNMPTN. Gue pengen capai semua mimpi-mimpi gue, gue mau bikin bangga keluarga gue. Dan buat lo semua, didunia ini gak ada yang gak mungkin! Selama lo berusaha dan punya niat yang baik insyaAllah tuhan pasti kasih jalan. Semangaaaattt!!!! Buang jauh-jauh rasa pesimis yang bakal ngancurin mimpi lo! Yakin, yakin dan yakin!



Mungkin ini aja yang bisa gue sampein, semoga tulisan gue bermanfaat dan bisa memotivasi elo semua. Dan gue juga minta maaf kalo ada kata-kata dalam penulisan gue yang nyakitin hati lo. Selamat berjuang! Semoga kita sama-sama sukses yaaaa..... 
                                                                                                                Wassalamua’laikum wr.wb

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar